Sabtu, 13 Desember 2008

Firman Utina


Indonesia dan Singapura ke Semifinal

Indonesia dan Singapura memastikan tempat di babak semifinal Piala AFF 2008. Pasukan merah-putih mendapatkan satu tiket setelah meraih kemenangan 4-0 atas Kamboja pada laga yang dilangsungkan Minggu (7/12) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Sedangkan pada laga sebelumnya, Singapura lebih dulu meloloskan diri dari babak penyisihan grup setelah memukul Myanmar dengan skor 3-1.

Pada laga ini, pelatih Benny Dollo masih mengandalkan duet Bambang Pamungkas dan Budi Sudarsono untuk mengisi lini depan. Walau demikian, lantaran kurang sabar dalam merancang serangan, Bambang dkk justru kesulitan menciptakan peluang bagus. Gawang Indonesia yang dikawal Markus Horison justru nyaris kemasukan, lantaran pemain bertahan kehilangan bola. Beruntung, sepakan Sokumpheak mengarah tepat ke pelukan Markus.

Memasuki menit ke-13, dominasi Indonesia membuahkan peluang. Sepakan Budi masih melebar di depan gawang. Dua menit kemudian, barulah Indonesia mampu memecah kebuntuan. Sepakan keras Ponaryo Astaman dari luar kotak penalti membentur pemain belakang Kamboja, bola rebound langsung disambar oleh Budi. 1-0 untuk Indonesia.

Bambang memiliki peluang untuk menorehkan gol di menit ke-27. Namun sontekannya masih mampu diblok kiper. Kans berikutnya didapat lewat sepakan keras Firman Utina yang hanya mengenai jala samping gawang Kamboja. Selanjutnya Indonesia masih memiliki peluang yang gagal dimanfaatkan. Sundulan Budi terarah tepat ke kiper Kamboja, kemudian tembakan Arif Suyono melayang di atas mistar gawang, lantas tembakan Firman masih dapat diblok kiper.

Indonesia baru mampu menggandakan keunggulan di menit ke-55. Sayap kanan Ismed Sofyan dengan jeli melihat Budi memiliki sedikit ruang kosong. Pemain asal Aceh ini kemudian mengirim umpan panjang. Budi mampu mengejarnya, dan tanpa melakukan kontrol, ia langsung mengeksekusi bola yang kemudian masuk ke gawang kamboja.

Kiper Kamboja kembali harus memungut bola dari gawangnya di menit ke-70. Diawali pergerakan Firman Utina merangsek ke depan, ia kemudian mengirim umpan lambung pada Budi. Dengan cekatan Budi langsung menyambar umpan tersebut melalui tandukan kepala. Bola pun melesak ke gawang yang kosong. Gol ini sekaligus menandai hat-trick Budi.

Semenit kemudian, Bambang kembali mendapat peluang bagus. Namun, lagi-lagi, sepakannya dapat dibendung kiper Kamboja. Barulah lima menit kemudian, Bambang dapat menuntaskan rasa penasarannya. Menerima umpan silang dari Firman Utina, Bambang melepaskan tandukan spesialisasinya untuk menggenapkan kemenangan Indonesia.

Sementara itu pada pertandingan sebelumnya, Singapura telah lebih dulu memastikan lolosnya mereka dari babak penyisihan grup dengan kemenangan 3-1 atas Myanmar. Kemenangan ini sekaligus menempatkan Singapura sebagai pimpinan klasemen Grup A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar